BPM

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita AKSELERASI AKREDITASI PROGRAM STUDI 18-20 FEBRUARI 2019

AKSELERASI AKREDITASI PROGRAM STUDI 18-20 FEBRUARI 2019

E-mail Print PDF

Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (Ir. Eko Muh Widodo, MT bersama Wakil Rektor 1 (Dr. Purwati, MS., Kons), serta bersama dengan Tim dari Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Muhammadiyah Magelang Kepala (Dr. Rochiyati Murningsih, SE., MP) dan Kepala Bidang SPME (Dr. Budi Waluyo, ST., MT), Kepala Bidang SPMI (Fahmi Medias, SEI.,MSI) mengadakan Akselerasi Akreditasi Program Studi, Senin-Rabu, 18-20 Februari 2019. Akselerasi Akreditasi Program Studi ini dihadiri Pendamping, Dekan, Wakil Dekan Kaprodi, Tim Penyusun Borang, yang akan segera habis masa berlaku akreditasnya pada tahun 2019 dan 2020.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor dengan pengarahan dari Wakil Rektor 1, dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala BPM. Dalam arahannya, Dr. Rochiyati Murniningsih, SE., MP. menyampaikan bahwa akreditasi program studi sangat berpengaruh terhadap nilai Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Saat ini, 3 dari 21 program studi yang aktif di UMMagelang telah terakreditasi A. Sedangkan target di tahun 2019 saat AIPT disusun kembali adalah 60%. Dengan demikian untuk mencapai target tersebut diperlukan 12 program studi  yang harus memperoleh akreditasi A.

Selanjutnya, setelah pengarahan dari Wakil Rektor 1, Kepala Badan Penjaminan Mutu UMMagelang, Dr. Rochiyati Murniningsih, SE., MP menyampaikan tantangan dan strategi dalam mewujudkan target tersebut. Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) terbaru yang direncanakan mulai berlaku 1 Januari 2019 akan menjadi tantangan bagi prodi-prodi yang akreditasinya akan berakhir pada tahun 2019 dan 2020. Pasalnya, IAPS terbaru ini akan menerapkan 9 standar (sebelumnya 7 standar) yang menitikberatkan pada output dan outcome, sedangkan dari sisi kesiapan masing-masing program studi dinilai masih kurang. Untuk itu, dalam kesempatan ini BPM menawarkan kepada prodi-prodi tersebut untuk mengikuti akselerasi akreditasi program studi dengan instrumen lama (7 standar) dengan memaksimalkan sisa waktu yang ada. Hasilnya, mayoritas program studi bersedia, tentunya dengan pendampingan dari Badan Penjaminan Mutu.

Program Studi yang mengikuti  program akselerasi akreditasi diantaranya, PGMI, PG-PAUD, PGSD, BK, Teknik Informatika (D3), Farmasi (D3), Keperawatan (D3), dan Ilmu Hukum.

Last Updated on Saturday, 02 March 2019 11:12  

STATISTIK


 


Search

Support Online